-SEMINAR HUKUM ISLAM DI DEN HAAG (1937; 1948)
-SEMINAR DI PARIS (1951), ADAPUN KEPUTUSAN DI PARIS:
1 PRINSIP-PRINSIP HUKUM ISLAM MEMPUNYAI NILAI YANG TIDAK DAPAT DIPERTIKAIKAN;
2 PELBAGAI MAZHAB MERUPAKAN KEKAYAAN PEMIKIRAN
3 MENGANJURKAN DISUSUN KAMUS HUKUM ISLAM MODERN
Selasa, 19 Oktober 2010
FAKTOR YANG MENYEBABKAN AHLI HKM BARAT BELAJAR HKM. ISLAM
NEGARA BARAT YG GELISAH MENEMUKAN SEKUTU MELAWAN KOMUNIS
PANDANGAN DUNIA BARAT LEBIH OBYEKTIF TERHADAP ISLAM
PERDAGANGAN DGN TIMUR TENGAH YG MENDORONG BELAJAR HKM. ISLAM
PANDANGAN DUNIA BARAT LEBIH OBYEKTIF TERHADAP ISLAM
PERDAGANGAN DGN TIMUR TENGAH YG MENDORONG BELAJAR HKM. ISLAM
PROGRAM PEMBAHARUAN ABDUH
MEMBERSIHKIN ISLAM DARI PENGARUH DAN KEBIASAAN YANG BUKAN ISLAM
PEMBAHARUAN DI BID. PENDIDIKAN
MERUMUSKAN AJARAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN MODERN
MEMBELA ISLAM DR PENGARUH BARAT
MEMBEBASKAN NEGARA BERPEND. ISLAM DARI PENJAJAH
PEMBAHARUAN DI BID. PENDIDIKAN
MERUMUSKAN AJARAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN MODERN
MEMBELA ISLAM DR PENGARUH BARAT
MEMBEBASKAN NEGARA BERPEND. ISLAM DARI PENJAJAH
MASA KEBANGKITAN KEMBALI
BANYAK MUJTAHID YANG INGIN MENGHIDUPKAN PEMIKIRAN AGAMA DAN HUKUM:
1 IBNU TAIMIYYAH
2 IBNU QAYYIM AL-JAUZIYAH
3 JAMALUDDIN AL-AFGHANI
4 MOH. ABDUH
5 RASYID RIDA
1 IBNU TAIMIYYAH
2 IBNU QAYYIM AL-JAUZIYAH
3 JAMALUDDIN AL-AFGHANI
4 MOH. ABDUH
5 RASYID RIDA
FAKTOR-FAKTOR KELESUAN PEMIKIRAN
KESATUAN WILAYAH ISLAM YANG LUAS TELAH RETAK
KETIDAK STABILAN POLITIK
PECAHNYA KESATUAN KENEGARAAN
TIMBUL GEJALA KELESUAN BERPIKIR
KETIDAK STABILAN POLITIK
PECAHNYA KESATUAN KENEGARAAN
TIMBUL GEJALA KELESUAN BERPIKIR
FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN BERKEMBANG
-WILAYAH ISLAM YANG LUAS
-TELAH ADA KARYA TULIS TENTANG HK. ISLAM
-TELAH TERSEDIA PARA AHLI:
1 ABU HANIFAH
2 MALIK BIN ANNAS
3 M. IDRIS ASY-STAFI’I
4 AHMAD BIN HANBAL
-TELAH ADA KARYA TULIS TENTANG HK. ISLAM
-TELAH TERSEDIA PARA AHLI:
1 ABU HANIFAH
2 MALIK BIN ANNAS
3 M. IDRIS ASY-STAFI’I
4 AHMAD BIN HANBAL
MASA PEMBINAAN, PENGEMBANGAN DAN PEMBUKUAN
PUNCAK MASA ABBASIYAH, KRN:
LAHIR PARA AHLI HUKUM
MUNCUL BERBAGAI TEORI HUKUM ISLAM, BANYAK MUJTAHID. TINGKATAN MUJTAHID:
A. MUJTAHID MUTLAQ
B. MUJTAHID MAZHAB (AL-GHAZALI)
C. MUJTAHID FATWA (AN-NAWAWI)
D. AHLI TARJIH
LAHIR PARA AHLI HUKUM
MUNCUL BERBAGAI TEORI HUKUM ISLAM, BANYAK MUJTAHID. TINGKATAN MUJTAHID:
A. MUJTAHID MUTLAQ
B. MUJTAHID MAZHAB (AL-GHAZALI)
C. MUJTAHID FATWA (AN-NAWAWI)
D. AHLI TARJIH
TINDAKAN UMAR BIN KHATTAB
-AKTIF MENYIARKAN ISLAM
-MENETAPKAN TAHUN HIJRIYYAH
-MEMBIASAKAN SHALAT TARAWIH
TINDAKAN UMAR DI LAP. HUKUM:
1 IJTIHAD TENTANG TALAK TIGA
2 MASALAH MUALLAF
3 HUKUM POTONG TANGAN
4 MASALAH PERKAWINAN DENGAN AHLUL KITAB
-MENETAPKAN TAHUN HIJRIYYAH
-MEMBIASAKAN SHALAT TARAWIH
TINDAKAN UMAR DI LAP. HUKUM:
1 IJTIHAD TENTANG TALAK TIGA
2 MASALAH MUALLAF
3 HUKUM POTONG TANGAN
4 MASALAH PERKAWINAN DENGAN AHLUL KITAB
TINDAKAN ABU BAKAR YANG DICATAT SEJARAH
PIDATO PELANTIKAN
CARA ABU BAKAR MEMECAHKAN MASALAH HUKUM
ATAS ANJURAN UMAR MEMBENTUK PANITIA PENGUMPULAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN
CARA ABU BAKAR MEMECAHKAN MASALAH HUKUM
ATAS ANJURAN UMAR MEMBENTUK PANITIA PENGUMPULAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN
MASA KHULAFA AR-RASYIDIN
MASA ABU BAKAR ASH-SHIDIQ
MASA UMAR BIN KHATTAB
MASA UTSMAN BIN AFFAN
MASA ALI BIN ABI THALIB
MASA UMAR BIN KHATTAB
MASA UTSMAN BIN AFFAN
MASA ALI BIN ABI THALIB
CONTOH ASBAB AN-NUZUL
PERISTIWA KHURSHID GHANAWI: PERKAWINAN ANTARA PEMELUK ISLAM DGN WNT MUSYRIK
JANDA SAAD BIN RABI’: MASALAH WARISAN BAGI PEREMPUAN
JANDA SAAD BIN RABI’: MASALAH WARISAN BAGI PEREMPUAN
PERBEDAAN AYAT MAKKIYAH DAN MADANIYYAH
MAKKIYYAH: YA AYYUHANNAS; DI BAG. BELAKANG ; PENDEK-PENDEK, SANJAK DAN KUAT BAHASANYA; BERISI KEIMANAN DAN AKHLAK.
MADANIYYAH: YA AYYUHALLADZINA AMANU; DI BAG. DEPAN AL-QUR’AN; PANJANG-PANJANG DAN TENANG, BAHASA HUKUM; BERISI MASALAH HUKUM, SOSIAL, EKONOMI DAN POLITIK.
MADANIYYAH: YA AYYUHALLADZINA AMANU; DI BAG. DEPAN AL-QUR’AN; PANJANG-PANJANG DAN TENANG, BAHASA HUKUM; BERISI MASALAH HUKUM, SOSIAL, EKONOMI DAN POLITIK.
WAHYU YANG DIBAWA MUHAMMAD
DI ANTARA WAHYU YANG DITURUNKAN KPD N. MUH. ADALAH AYAT-AYAT HUKUM
AYAT HUKUM IBADAH: 140 AYAT
AYAT HUKUM MUAMALAH: 228 AYAT
KLASIFIKASI AYAT MUAMALAH:
KELUARGA: 70 AYAT; PERDATA LAIN: 70 AYAT; EKONOMI: 10; PIDANA: 30 AYAT; HTN: 10 AYAT; HI: 25 AYAT; ACARA DAN PERADILAN: 13 AYAT
AYAT HUKUM IBADAH: 140 AYAT
AYAT HUKUM MUAMALAH: 228 AYAT
KLASIFIKASI AYAT MUAMALAH:
KELUARGA: 70 AYAT; PERDATA LAIN: 70 AYAT; EKONOMI: 10; PIDANA: 30 AYAT; HTN: 10 AYAT; HI: 25 AYAT; ACARA DAN PERADILAN: 13 AYAT
MASA KENABIAN MUHAMMAD
UMUR 40 TH. MENERIMA WAHYU DI GUA HIRA’
27 RAJAB: ISRA’ MI’RAJ
HIJRAH DARI MAKKAH KE MADINAH
MICHAEL H: DALAM BUKUNYA THE 100, A RANKING OF THE MOST INFLUENTIAL PERSONS IN HISTORY, MENEMPATKAN URUTAN PERTAMA DARI SERATUS TOKOH
PHILIP K. HITTI: KEPALA NEGARA; PEMIMPIN UMAT DAN RASUL.
27 RAJAB: ISRA’ MI’RAJ
HIJRAH DARI MAKKAH KE MADINAH
MICHAEL H: DALAM BUKUNYA THE 100, A RANKING OF THE MOST INFLUENTIAL PERSONS IN HISTORY, MENEMPATKAN URUTAN PERTAMA DARI SERATUS TOKOH
PHILIP K. HITTI: KEPALA NEGARA; PEMIMPIN UMAT DAN RASUL.
PERBEDAAN AYAT MAKKIYAH DAN MADANIYYAH
MAKKIYYAH: YA AYYUHANNAS; TERDAPAT DI BAG. BELAKANG AL-QUR’AN; PENDEK-PENDEK, SANJAK DAN IRAMANYA KUAT; BERISI SOAL IMAN, KEESAAN TUHAN, HARI AKHIR, AKHLAK.
MADANIYYAH: YA AYYUHALLADZI NA AMANU; BAG. DEPAN AL-QUR’AN; PANJANG-PANJANG, BAHASANYA TENANG, DALAM BAHASA HUKUM; BERISI SOAL HUKUM, SOSIAL POLITIK DAN KEMASYARAKATAN.
MADANIYYAH: YA AYYUHALLADZI NA AMANU; BAG. DEPAN AL-QUR’AN; PANJANG-PANJANG, BAHASANYA TENANG, DALAM BAHASA HUKUM; BERISI SOAL HUKUM, SOSIAL POLITIK DAN KEMASYARAKATAN.
KELAHIRAN Nabi MUHAMMAD
IBU: AMINAN, AYAH: ABDULLAH
LAHIR 12 RABIUL AWWAL 571 M
SETELAH IBUNYA WAFAT, MUHAMMAD DIASUH KAKEKNYA: ABDUL MUTHALLIB, KEMUDIAN ABU THALIB
USIA 25 TAHUN IA MENIKAH DGN KHADIJAH
PERKAWINANNYA MEMBERI PELUANG MATERI
LAHIR 12 RABIUL AWWAL 571 M
SETELAH IBUNYA WAFAT, MUHAMMAD DIASUH KAKEKNYA: ABDUL MUTHALLIB, KEMUDIAN ABU THALIB
USIA 25 TAHUN IA MENIKAH DGN KHADIJAH
PERKAWINANNYA MEMBERI PELUANG MATERI
MASA NABI MUHAMMAD
LATAR BELAKANG: MASY. ARAB SEB. ISLAM
KONDISI ALAM MEMBENTUK MANUSIA INDIVIDUALISTIK
IKATAN KLEN BERDASARKAN ADAT
KLEN DIPIMPIN SAYYID
MASYARAKATNYA JAHILIYYAH
KONDISI ALAM MEMBENTUK MANUSIA INDIVIDUALISTIK
IKATAN KLEN BERDASARKAN ADAT
KLEN DIPIMPIN SAYYID
MASYARAKATNYA JAHILIYYAH
Langganan:
Postingan (Atom)