Selasa, 19 Oktober 2010

BERBAGAI SEMINAR YANG DISELENGGARAKAN DI BARAT

-SEMINAR HUKUM ISLAM DI DEN HAAG (1937; 1948)
-SEMINAR DI PARIS (1951), ADAPUN KEPUTUSAN DI PARIS:

1 PRINSIP-PRINSIP HUKUM ISLAM MEMPUNYAI NILAI YANG TIDAK DAPAT DIPERTIKAIKAN;
2 PELBAGAI MAZHAB MERUPAKAN KEKAYAAN PEMIKIRAN
3 MENGANJURKAN DISUSUN KAMUS HUKUM ISLAM MODERN

FAKTOR YANG MENYEBABKAN AHLI HKM BARAT BELAJAR HKM. ISLAM

NEGARA BARAT YG GELISAH MENEMUKAN SEKUTU MELAWAN KOMUNIS

PANDANGAN DUNIA BARAT LEBIH OBYEKTIF TERHADAP ISLAM

PERDAGANGAN DGN TIMUR TENGAH YG MENDORONG BELAJAR HKM. ISLAM

PROGRAM PEMBAHARUAN ABDUH

MEMBERSIHKIN ISLAM DARI PENGARUH DAN KEBIASAAN YANG BUKAN ISLAM

PEMBAHARUAN DI BID. PENDIDIKAN

MERUMUSKAN AJARAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN MODERN

MEMBELA ISLAM DR PENGARUH BARAT

MEMBEBASKAN NEGARA BERPEND. ISLAM DARI PENJAJAH

MASA KEBANGKITAN KEMBALI

BANYAK MUJTAHID YANG INGIN MENGHIDUPKAN PEMIKIRAN AGAMA DAN HUKUM:

1 IBNU TAIMIYYAH
2 IBNU QAYYIM AL-JAUZIYAH
3 JAMALUDDIN AL-AFGHANI
4 MOH. ABDUH
5 RASYID RIDA

FAKTOR-FAKTOR KELESUAN PEMIKIRAN

KESATUAN WILAYAH ISLAM YANG LUAS TELAH RETAK

KETIDAK STABILAN POLITIK

PECAHNYA KESATUAN KENEGARAAN

TIMBUL GEJALA KELESUAN BERPIKIR

FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN BERKEMBANG

-WILAYAH ISLAM YANG LUAS
-TELAH ADA KARYA TULIS TENTANG HK. ISLAM
-TELAH TERSEDIA PARA AHLI:
1 ABU HANIFAH
2 MALIK BIN ANNAS
3 M. IDRIS ASY-STAFI’I
4 AHMAD BIN HANBAL

MASA PEMBINAAN, PENGEMBANGAN DAN PEMBUKUAN

PUNCAK MASA ABBASIYAH, KRN:
LAHIR PARA AHLI HUKUM
MUNCUL BERBAGAI TEORI HUKUM ISLAM, BANYAK MUJTAHID. TINGKATAN MUJTAHID:
A. MUJTAHID MUTLAQ
B. MUJTAHID MAZHAB (AL-GHAZALI)
C. MUJTAHID FATWA (AN-NAWAWI)
D. AHLI TARJIH

MASA UTSMAN DAN ALI

MASA UTSMAN: MENYUSUN QUR’AN STANDAR

POLITIK BERGEJOLAK TERUS

TINDAKAN UMAR BIN KHATTAB

-AKTIF MENYIARKAN ISLAM
-MENETAPKAN TAHUN HIJRIYYAH
-MEMBIASAKAN SHALAT TARAWIH

TINDAKAN UMAR DI LAP. HUKUM:
1 IJTIHAD TENTANG TALAK TIGA
2 MASALAH MUALLAF
3 HUKUM POTONG TANGAN
4 MASALAH PERKAWINAN DENGAN AHLUL KITAB

TINDAKAN ABU BAKAR YANG DICATAT SEJARAH

PIDATO PELANTIKAN

CARA ABU BAKAR MEMECAHKAN MASALAH HUKUM

ATAS ANJURAN UMAR MEMBENTUK PANITIA PENGUMPULAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN

MASA KHULAFA AR-RASYIDIN

MASA ABU BAKAR ASH-SHIDIQ

MASA UMAR BIN KHATTAB

MASA UTSMAN BIN AFFAN

MASA ALI BIN ABI THALIB

CONTOH ASBAB AN-NUZUL

PERISTIWA KHURSHID GHANAWI: PERKAWINAN ANTARA PEMELUK ISLAM DGN WNT MUSYRIK

JANDA SAAD BIN RABI’: MASALAH WARISAN BAGI PEREMPUAN

PERBEDAAN AYAT MAKKIYAH DAN MADANIYYAH

MAKKIYYAH: YA AYYUHANNAS; DI BAG. BELAKANG ; PENDEK-PENDEK, SANJAK DAN KUAT BAHASANYA; BERISI KEIMANAN DAN AKHLAK.

MADANIYYAH: YA AYYUHALLADZINA AMANU; DI BAG. DEPAN AL-QUR’AN; PANJANG-PANJANG DAN TENANG, BAHASA HUKUM; BERISI MASALAH HUKUM, SOSIAL, EKONOMI DAN POLITIK.

WAHYU YANG DIBAWA MUHAMMAD

DI ANTARA WAHYU YANG DITURUNKAN KPD N. MUH. ADALAH AYAT-AYAT HUKUM

AYAT HUKUM IBADAH: 140 AYAT

AYAT HUKUM MUAMALAH: 228 AYAT

KLASIFIKASI AYAT MUAMALAH:

KELUARGA: 70 AYAT; PERDATA LAIN: 70 AYAT; EKONOMI: 10; PIDANA: 30 AYAT; HTN: 10 AYAT; HI: 25 AYAT; ACARA DAN PERADILAN: 13 AYAT

WAHYU YANG DIBAWA MUHAMMAD

MASA KENABIAN MUHAMMAD

UMUR 40 TH. MENERIMA WAHYU DI GUA HIRA’

27 RAJAB: ISRA’ MI’RAJ

HIJRAH DARI MAKKAH KE MADINAH

MICHAEL H: DALAM BUKUNYA THE 100, A RANKING OF THE MOST INFLUENTIAL PERSONS IN HISTORY, MENEMPATKAN URUTAN PERTAMA DARI SERATUS TOKOH

PHILIP K. HITTI: KEPALA NEGARA; PEMIMPIN UMAT DAN RASUL.

PERBEDAAN AYAT MAKKIYAH DAN MADANIYYAH

MAKKIYYAH: YA AYYUHANNAS; TERDAPAT DI BAG. BELAKANG AL-QUR’AN; PENDEK-PENDEK, SANJAK DAN IRAMANYA KUAT; BERISI SOAL IMAN, KEESAAN TUHAN, HARI AKHIR, AKHLAK.

MADANIYYAH: YA AYYUHALLADZI NA AMANU; BAG. DEPAN AL-QUR’AN; PANJANG-PANJANG, BAHASANYA TENANG, DALAM BAHASA HUKUM; BERISI SOAL HUKUM, SOSIAL POLITIK DAN KEMASYARAKATAN.

KELAHIRAN Nabi MUHAMMAD

IBU: AMINAN, AYAH: ABDULLAH

LAHIR 12 RABIUL AWWAL 571 M

SETELAH IBUNYA WAFAT, MUHAMMAD DIASUH KAKEKNYA: ABDUL MUTHALLIB, KEMUDIAN ABU THALIB

USIA 25 TAHUN IA MENIKAH DGN KHADIJAH

PERKAWINANNYA MEMBERI PELUANG MATERI

MASA NABI MUHAMMAD

LATAR BELAKANG: MASY. ARAB SEB. ISLAM

KONDISI ALAM MEMBENTUK MANUSIA INDIVIDUALISTIK

IKATAN KLEN BERDASARKAN ADAT

KLEN DIPIMPIN SAYYID

MASYARAKATNYA JAHILIYYAH